PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru

PROGRAM YESS SIAPKAN BANTUAN IT




Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui program yang dilaksanakan oleh Program ini bertujuan untuk menciptakan petani milenial andal dan profesional yang memiliki usaha di bidang pertanian. Khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan/ pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh.

Salah satu di kegiatan program YESS adalah penguatan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) yang berada di 4 (empat) provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. BPP tersebut akan menjadi sentra koordinasi dan kegiatan petani milenial dalam mengembangkan usahanya.

Dalam pelaksanaannya program YESS di Kalimantan Selatan sendiri juga sekaligus Penguatan dari BPP tersebar di 3 (tiga) Kabupaten, yakni Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu. Terhitung total ada 20 BPP dan 6 P4S yang tersebar di tiga Kabupaten tersebut. Pelaksana program Yess ini adalah SMK-PP Negeri Banjarbaru, sebagai PPIU program Yess di Kalimantan Selatan.

SMK-PP N Banjarbaru Sebagai PPIU Kalsel melanjutkan dengan berkoordinasi via online dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) dan BPP terkait calon penerima bantuan IT dari program YESS pada Rabu (19/8) pagi melalui AOR SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Di Kesempatan itu Kepala Sekolah SMK-PP  Banjarbaru yang baru di lantik Budi Santoso mengatakan, “Zoom meeting ini bertujuan untuk menyampaikan rencana bantuan IT, serta memberikan contoh proposal pengajuan dari P4S dan BPP agar ada keseragaman bentuk proposal pengajuan” Kata Budi Santoso.

Koordinasi ini juga menginformasikan kepada Dinas Pertanian mengenai bantuan IT dari Program YESS, “Hal ini juga dapat menjadi informasi bagi Dinas Pertanian di tiga Kabupaten ini tentang adanya bantuan IT dari program YESS. Sehingga ke depannya tidak terjadi tumpang tindih jika ada bantuan IT dari program lainnya.” ungkapnya.

Selain bantuan IT, juga ada bantuan lain senilai 14 Juta Rupiah untuk BPP dan 80 Juta Rupiah utk P4S. DImana bantuan tersebut dapat digunakan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kaum muda pedesaan, prasarana pembelajaran, dan meningkatkan kapasitan, peran serta fungsinya. (Ar/Tm/Wd)

Tim Humas SMK-PP Negeri Banjarbaru